Friday 25 March 2016

Kopi Wamena hanya Salah Satu Single Origin dari Banyak Single Origin di Wilayah Adat Laa-Pago

Kopi Wamena sering disebut Kopi Papua, padahal Kopi Papua terdiri dari banyak sekali single origin, mulai dari Kopi Arfak di Kepala Burung Papua Barat sampai Kopi Sigri di Papua New Guinea. Dan Kopi Wamena adalah salah satunya saja.

Kopi Wamena juga sering dianggap sebagai Kopi Papua, padahal ini sebuah identifikasi yang salah fatal.



Sedangkan Kopi Wamena sendiri masih harus diklasifikasikan di masa mendatang menjadi beberapa Single Origin. Ada Mudlik Single Origin, Yalengga Single Origin, Lanny Jaya Single Origin, Mbogondini Single Origin, Kelela Single Origin, dan sebagainya. Ini terlepas dari Single Origin di luar Wamena, seperti Yalimo Single Origin, Yali Single Origin dan Pegunungan Bintang Single Origin.


Semuanya menunggu waktu, semuanya menantikan keperdulian dan kerja keras dari berbagai pihak.

KSU Baliem Arabica sejak tahun 2007 telah berupaya dengan kemampuannya mempromosikan dan memperdagangkan Kopi Papua, pertama-tama telah berhasil menggolkan Papua Arabica Specialty Coffee dengan "Wamena Single Origin", yang saat ini dikenal dengan nama Kopi Wamena. Kerja keras itu tidak sampai di situ, Koperasi telah berjuang dan bertahan dari berbagai persoalan organisasi, menejemen dan keuangan, dan kini telah memasuki tahun ke-9. Itu artinya tinggal setahun lagi bisnis Kopi Papua akan take-off/

Masih banyak orang menjadi bingung, apakah Kopi Wamena sama dengan Kopi Papua, apa bedanya Kopi Wamena dengan Kopi Baliem. Masih ada yang mencari di Google.com dengan kata-kunci Kopi Papua Baliem, atau Kopi Wamena Baliem.

Kami tahu, pada akhirnya, semuanya akan menjadi beres, Raja Kopi Papua akan muncul dan menguasai bisnis Kopi di Tanah Papua. Kopi Wamena ialah induk dari bisnis kopi di Tanah Papua. Walaupun Kopi Moanemani yang mendahuluinya, tetapi ternyata Baliem Arabica yang justru telah mendapatkan pengakuan sebagai Produk Spesialti dan mendapatkan izin export.

No comments:

Post a Comment